16 Mar 2007

Taman Hewan Siantar

 

Peresmian Renovasi Taman Hewan Siantar dan Rahmat Galery Tetap Meriah

Mar 13, 2007 at 08:06 AM

Medan (SIB)]

Kendati Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono batal menghadiri peresmian pengembangan Taman Hewan Pematang Siantar (THS) dan DR H Rahmat Shah International Wildlife Gallery (RSIWG) Rabu (7/3) lalu, acaranya tetap meriah. Puluhan tokoh nasional dan luar negeri dari kalangan pencipta binatang tetap hadir.

Di kedua lokasi konservasi dan wisata yang dikelola Rahmat itu bahkan hadir perwakilan Kebun Binatang (zoo) negara Malaysia, Pemilik Taman Safari Indonesia Tonny Sumampau, Hotma Sitompul dan beberapa pemuka masyarakat Medan.

Awalnya, menurut Rahmat, kehadiran Presiden pada peresmian pengembangan THS bertujuan untuk meningkatkan semangat konservasi masyarakat. Sebab kehadiran THS atau kebun binatang pada umumnya memiliki fungsi berganda.

“Fungsinya bukan hanya sekedar untuk wisata belaka. Di sana kita bisa menjadikannya sarana pendidikan dan konservasi,” ungkap Rahmat kepada wartawan di Aula RSIWG, Kamis (8/3).

Selain melakukan renovasi besar di THS, Rahmat juga melakukan pengembangan RSIWG Gallery yang dibangunnya sekitar tujuh tahun silam sudah mengalami perubahan yang cukup besar. Perubahan itu dilakukan Rahmat mengingat semakin tingginya minat wisatawan asing mengunjungi satu-satunya gallery hewan liar di Asia Tenggara. Sayangnya, menurut Rahmat, kerja kerasnya itu masih belum mendapat dukungan serius dari kalangan dalam negeri.

Hal itu dibuktikan Rahmat dari masih adanya suara sumbang yang dilontarkan segelintir masyarakat terhadap kehadiran RSIWG dengan perburuan. “Seharusnya mereka mempelajari apa sebetulnya yang telah saya kerjakan ini. Seandainya saja mereka tahu, mereka akan mengerti apa sebenarnya perburuan konservasi yang saya terapkan,” tutur Rahmat.

Kendati begitu, Rahmat tetap yakin, belajar dari kenyataan yang ada, masyarakat kita akan berubah dan mengerti betul akan kerja konservasi yang dilakukannya. Apalagi saat ini dia percaya memegang kepercayaan masyarakat kebun binatang Indonesia sebagai Ketua Persatuan Kebun Binatang Seluruh Indonesia dan beberapa organisasi konservasi lainnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Links