24 Nov 2009

PTPN IV Peduli Masyarakat Simalungun, Bantu Rp6,8 Miliar

 

Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM menilai bahwa kepedulian PTPN IV kepada lingkungannya perlu disikapi dan didukung agar ke depan perusahaan ini tetap eksis dan berkembang.

“Kepedulian PTPN IV kepada petani melalui kelompok tani yang mendapat alat mekanisasi pertanian dengan nilai yang cukup besar; bantuan kepada Rumah Sakit Bethesda berupa alat USG; membantu beasiswa kepada anak didik kita serta para pelaku usaha yang mendapat bantuan modal usaha, yang semua merupakan wujud rasa kepedulian PTPN IV bagi masyarakat lingkungannya. Lalu pertanyaannya, apa sikap kita terhadap perusahaan ini yang peduli kepada lingkungannya”, katanya.

“PTPN IV adalah milik bangsa, milik kita. Bukan milik orang per orangan. Oleh karena itu, kepedulian ini harus terus dikembangkan agar dilihat oleh pengusaha perkebunan lain,” tambahnya.

Dia memberi apresiasi kepada PTPN IV, karena BUMN ini terus menunjukkan rasa kepedulian bagi lingkungannya dengan memberikan bantuan bagi yang membutuhkan.
“Kalau PTPN IV kaya dan tak peduli terhadap kita, dosa dia,” kata Bupati berguyon, yang disambut applaus hadirin, seraya mengajak anak-anak penerima beasiswa agar setiap pagi tidak lupa mendoakan PTPN IV tetap maju dan berkembang karena sudah membantu anak didik.

Kepada kelompok tani yang sudah menerima bantuan hari ini, tahun depan jangan meminta lagi, agar dapat diberikan kepada yang lain, serta mengimbau pelaku usaha yang menerima bantuan modal usaha dapat memanfaatkan dana ini dengan sebaik-baiknya, sehingga pengusaha yang sekarang menerima bantuan, pada saatnya kelak mampu menjadi pemberi bantuan.

PTPN IV menyerahkan bantuan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) senilai Rp6,8 miliar kepada masyarakat Kabupaten Simalungun, di Wisma Sitalasari PTPN IV Kecamatan Jawamaraja, Kamis (19/11) siang.

Penyerahan bantuan PKBL dihadiri Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM, Dirprod Balaman Tarigan, Direnbang Ahmad Haslan Saragih, Danrem 022/ PT, Dandim 0207, Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Danrindam, Kabag, Manajer Grup, Manajer Unit serta undangan lainnya.

Bantuan untuk 30 kelompok tani diberikan masing-masing 1 unit hand tractor senilai Rp672 juta; untuk rumah sakit GKPS Pematang Raya 1 unit alat Ultra Sonography (USG) senilai Rp385 juta; untuk 1.214 siswa SD, SMP, SMA diberikan beasiswa sebesar Rp556 juta; untuk pembangunan Masjid Al Munawaroh Perdagangan sebesar Rp250 juta; untuk 42 UMKM diberikan pinjaman modal usaha sebesar Rp4,9 miliar.

Direnbang Ahmad Haslan Saragih mengatakan, PTPN IV merupakan salah satu BUMN di sektor perkebunan yang mengemban tugas selain berupaya meningkatkan kinerjanya, juga sebagai agent of development bagi masyarakat sekitarnya, yang khusus hari ini disalurkan untuk daerah Simalungun dan sekitarnya program KEMITRAAN diberikan kepada 196 UMKM dengan dana lebih dari Rp4,9 miliar. Jumlah ini lebih besar dibanding tahun 2008 yang lalu sejumlah Rp2,5 miliar, sedangkan program BINA LINGKUNGAN sudah mencapai Rp4,4 miliar dan meningkat dibanding tahun 2008 yang lalu sejumlah Rp3,6 miliar.

Penyaluran dana bantuan pinjaman lunak kepada UMKM, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan usahanya untuk menjadi tangguh dan mandiri. Selain memberikan bantuan permodalan kepada UMKM, PTPN IV juga memfasilitasi sejumlah UMKM yang sedang dan telah menerima bantuan permodalan mengikuti pelatihan peternakan lebah di Jawa Barat, serta mengikuti pameran baik di dalam maupun di luar negeri.

Kabag PKBL Muhtadin Harahap pada kesempatan tersebut melaporkan bahwa pemberian bantuan merupakan wujud kepedulian PTPN IV terhadap masyarakat lingkungannya melalui program KEMITRAAN dan BINA LINGKUNGAN, yang pada tahun 2009 ini atas dasar alokasi biaya dari laba bersih perusahaan tahun buku 2008.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Links