23 Okt 2006

APBD Simalungun disahkan

 

APBD Simalungun Tahun 2007 Diprakirakan Naik Lebih

22 Oktober 2006 jam 21:22

Simalungun (SIB)

APBD Simalungun tahun 2007 diprakirakan naik Rp 100 miliar lebih dari sebelumnya tahun 2006 Rp 653 miliar lebih.

Draft APBD Simalungun tahun 2007 direncanakan diserahkan ke DPRD pada Desember 2006 dengan harapan menjadi pembahasan dewan pada Januari 2007 untuk selanjutnya disahkan menjadi Perda.

Ini disampaikan Bupati Simalungun Drs T Zulkarnain Damanik MM, Selasa (17/10) yang menyebutkan, prakiraan kenaikan APBD merupakan usulan yang disampaikan kepada pemerintah pusat berdasarkan jumlah pertumbuhan penduduk dan kebutuhan pembangunan di daerah ini.

Sedangkan penyegeraan penyampaikan draft APBD tahun 2007 akan diserahkan Desember 2006 kepada DPRD merupakan salah satu bentuk pelayanan pembangunan untuk kepentingan publik. Menurutnya, semakin cepat pembahasan dan pengesahan APBD di Perda kan maka pelaksanaan pembangunan di berbagai sektor akan segera dikerjakan.

Sesuai dengan potensi daerah Kabupaten Simalungun sebagai daerah agraris dan sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian dari pertanian maka sasaran pembangunan diprioritaskan mendukung kegiatan usaha tani dan sektor lainnya yang dianggap mendesak mendapat penanggulangan.

Misalnya, alokasi pembangunan dan perawatan infrastruktur jalan kabupaten tahun 2006 Rp 42 miliar lebih maka pada tahun 2007 anggaran tersebut diharapkan dapat ditambah. Penambahan anggaran pembangunan jalan dari dan ke sentra produksi pertanian dimaksudkan untuk mendukung kelancaran pemasaran berbagai jenis hasil pertanian.

Sedangkan dalam pembinaan potensi sumber daya manusia, Pemkab Simalungun juga merencanakan optimalisasi kinerja Dinas Penjar dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Mutu lulusan diharapkan dapat bersaing dengan lulusan daerah lain di berbagai jenjang pendidikan dan pada satu saat nanti putra-putri daerah ini dapat mengabdi mengelola potensi daerahnya sendiri untuk kesejahteraan masyarakat. (E11/h)

Tidak ada komentar:
Write komentar

Links